Segi Ekonomi

  • Jan 17, 2023

Desa Purwoasri memiliki berbagai macam produk hasil dan olahan sumberdaya alam. Produk tersebut digunakan untuk meningkatkan perekonomian mayarakat, seperti industri pengolahan (telur bebek), makanan (samiler, telur asin, tahu, dan lainnya), minuman G amu), dan kerajinan (kipas dan lampion).                         

 

 

1. Samiler                 

Samiler merupakan makanan ringan yang terbuat dari singkong. Singkong digiling kasar dan dijemur, kemudian digiling halus menja di tepung. Tepung tersebut yang dibuat menjadi  samiler.   Samiler  banyak   diproduksi  di  Desa Purwoasri Dusun Pasrepan. Samiler yang dijual memiliki 2 varian  rasa  yaitu  rasa  original  dan  pedas.  Salah  satu produsen samiler ini sudah memiliki brand dan  mampu memasarkan produk dengan maksimal. Sehingga, produk ini dapat dikembangkan dan dijadiakan ikon dusun tersebut.

 

 

2.   Kipas dan Lampion                      

Kipas  dan  lampion  terbuat  dari  bambu.  Kipas  dan lampion banyak diproduksi di Dusun gentong. Kipas yang diproduksi merupakan kipas yang terbuat dari kertas Dorsla "yang digunakan untuk mainan anak-anak. Salah satu pelopor produksi kipas yaitu Pak Wahyudi, sehingga tetangga   dan   karyawannya   membuat   produksi   kipas" masing-masing. Salah satu produsen kipas dapat membuat ± 10.000 kipas perharinya.Distribusi penjua lan kipas mulai "dari    Bandung,    Cirebon,    Surabaya,   Medan,   hingga" Kalimantan.   Pembuatan   Lampion   yang   cukup   rumit menjadikan   lampion   tidak   diproduksi   setiap   harinya. Lampion akan diproduksijika ada acara-acara tertentu atau pemesanan dalam jum lah banyak.

 

 

3.  Telur asin                          

Telur asin adalah istilah umum untuk masakan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan (diberikan  garam  berlebih  untuk  menonaktifkan  enzim perombak). Telur asin di Desa Purwoasri banyak diproduksi di seluruh dusun. Telur yang digunakan untuk pembuatannya yaitu telur bebek. Telur bebek yang digunakan berasal dari petemakan  yang berada  di Desa Purwoasri.

 

4.  Petemakan Bebek                        

Petemakan bebek di Desa Purwoasri terdapat dibeberapa "dusun, yaitu Dusun Kembang, Magersari dan lainnya. Petemakan bebek tersebut menJual bebek potong dan telur" "bebek. Salah satu produsen di Dusun Magersari dapat menghasilkan 70 - 80 telur bebek perharinya. Telur bebek dijual hanya di Desa Purwoasri, sedangkan bebek potong dijual hingga ke Blitar.